Hari Witono: Perkebunan Kelapa Sawit Sudah Terapkan Aspek Berkelanjutan

oleh -2958 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Pengembangan perkebunan kelapa sawit bila dibandingkan tahun 1990-an telah sangat berbeda jauh, tahun itu membuka lahan untuk perkebunan kelapa sawit masih mudah didapat, saat ini selain ketat regulasi pula mesti memenuhi aspek berkelanjutan.

Diungkapkan Direktur Utama PT Hanuraba Sawit Kencana, Hari Witono, membangun kebun kelapa sawit dilakukan dengan kehati-hatian serta melalui studi kelayakan. “Kala itu membangun kebun di kelas lahan S3 itu sudah sangat minimal,” katanya.


Namun untuk saat ini sudah sangat berbeda, keterbatasan lahan dan munculnya beragam kebijakan telah memperketat pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Tutur Hari Witono, saat ini studi kelayakan itu dilakukan dengan beragam penilaian aspek lingkungan, sehingga pengembangan kebun sawit tidak diatas areal yang dilindungi karena bernilai konservasi tinggi atau diatas areal yang memiliki stok karbon tinggi.

BACA JUGA:  Mengenal Cellulosic Ethanol: Biofuel Generasi Kedua dari Limbah Sawit

Hari Witonno bercerita, dirinya pernah membangun kebun sawit yang ditengahnya terdapat areal konservasi. Sebab itu diakui atau tidak pengembangan perkebunan kelapa sawit telah menerapkan praktik budiaya kelapa sawit berkelanjutan, yakni praktik budidaya yang kerap memerhatikan aspek lingkungan dan aspek sosial.

Namun demikian, kata Hari Witono yang telah menjalani provesi disektor pekebunan kelapa sawit selama lebih 30 tahun itu, sejatinya bicara aspek budidaya berkelanjutan tidak hanya untuk sektor kelapa sawit saja, tetapi untuk semua bisnis yang menyangkut sumberdaya alam.

BACA JUGA: Awalnya Dianggap Tak Waras, Kala Kembangkan Burung Hantu Di Kebun Sawit

Bahkan ini kata dia, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah merumuskan skema Sustainable Development Goals (SDGs), yang kaitannya sebagai aturan main dalam mengelola sumberdaya alam yang bisa dimanfaatkan saat ini secara efektif, sehingga bisa diwariskan ke generasi penerus. “Jangan sampai nasibnya kayak hutan kita,” katanya saat menjadi pembicara dalam acara Live Instagram NGOBRAS #3 yang diadakan InfoSAWIT. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi September 2021

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com