Petani Sawit di Sumsel Bertekad Bangun Pabrik Kelapa Sawit Mini

oleh -3917 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa

InfoSAWIT SUMATERA, PALEMBANG – Petani kelapa sawit yang tergabung dalam koperasi unit desa (KUD) Sumber Rejeki, Desa Air Bening, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan, bertekad untuk memiliki Pabrik Kelapa Sawit (PKS) skala mini.

Dikatakan Ketua KUD Sumber Rejeki, Surianto, saat diirinya menghadiri  Rapat Konsolidasi Anggota Forum Petani Sawit Berkelanjutan Indonesia (FORTASBI) yang digelar di Yogyakarta pada tanggal 1 September 2022 lalu, staf khusus Kementrian Koperasi dan UKM RI, Riza Damanik mengingatkan kembali para petani agar KUD milik petani sawit harus mengambil peran lebih untuk mendekatkan atau menggandeng para petani swadaya dengan inovasi teknologi yang memberikan nilai tambah.


“Beliau bilang kamu ini jangan lagi sekadar menjual tandan buah segar (TBS). Harus ada terobosan baru. Salah satunya yang beliau usulkan adalah membuat PKS mini dan menghasilkan produk minyak makan merah beserta keturunannya,” kata dia kepada InfoSAWIT, Senin (12/9/2022).

BACA  JUGA: Keberhasilan KUD Jaya Makmur Replanting 920 Ha, Jadi model Bagi KUD Lainnya

Pihaknya sendiri semakin bersemangat membuat pabrik sawit mini tatkala melihat anggota FORTASBI lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah bakal selangkah lagi bisa membangun PKS mini. Surianto pun optimis rencana pembangunan PKS mini bisa mereka wujudkan di tahun depan.

Apalagi bila melihat luasan lahan kebun sawit milik KUD Sumber Rezeki US lahan petani sawit lain di sekitarnya mencapai lebih dari 3.000 hektar.  “Kemarin kalau lihat jumlah hektar dari KUD kami mampu menghasilkan tonese TBS sebanyak 10 ton per jam,” kata dia.

Kalau ditambah dengan jumlah lahan sawit dan produksi TBS yang dimiliki petani di sekitar kebun sawit mereka, maka jumlahnya bisa lebih dari dua kali lipat dari yang mereka miliki.

BACA JUGA: Masih 30%, Disbun Riau Genjot Perusahaan dan Petani Sawit Tersertifikat ISPO

Saat ini pihaknya tengah mengebut proses pembuatan proposal pembangunan PKS mini yang akan diajukan ke sejumlah lembaga berkompeten.

“Proposalnya lagi dibuatkan oleh Pak Pulung Kalbuari, penyuluh pertanian dari Dinas Perkebunan Musi Banyuasin (Muba), kabupaten tetangga Muratara,” kata Surianto. (T5)

Artikel ini telah tayang di Infosawit Sumatera dengan judul © KUD Ini Bertekad Punya PKS Mini, Proposal Sedang Dikebut – Info sawit sumatera

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com